Wednesday, November 22, 2017

Menurunkan Kolesterol dengan Nutrive Benecol

Assalamualaikum, 

Anda pernah dengar tentang gaya hidup Sedentari? yaitu gaya hidup di era modern yang jarang berolahraga, pola makan tidak sehat dan tidak teratur lalu banyak menghabiskan waktu diruang ber AC.. well, saya salah satu diantara mereka yang bergaya hidup seperti itu. Tidak bisa dipungkiri, kemudahan di era digital ini "memaksa" kita untuk bergaya hidup seperti itu. Terutama ketika ada aplikasi ojek online yang bisa membawakan kita makanan apa saja yang kita mau! wahhh.. itu bahaya sih.. 

Sampai pada titik saya merasakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh saya. Setiap malam saya seringkali merasa sesak napas dan mengalami kesemutan pada tangan saya. This must be something bad.. Sampai akhirnya pada waktu saya datang ke acara Indonesia Tangkal Kolesterol yang salah satunya disponsori oleh Nutrive Benecol. Disana, kita bisa cek kadar kolesterol dan langsung konsultasi ke dokter disana. Awalnya agak enggan untuk ngecek sih, takut stress bok! tapi akhirnya coba deh, apapun hasilnya.. aku tegaarrrr..



Saat itu antrian pengecekan kolesterol lumayan panjang, peserta yang datang ke event tersebut cukup banyak dan rata-rata sudah berumur. Saya sebagai yang terlihat lebih muda, tengsin juga nih kalau ternyata hasil kolesterolnya kurang baik, heuhehe.. Pengecekan kolesterol ini menggunakan alat yang canggih yang mempu menilai perkiraan risiko serangan jantung dalam 10 tahun ke depan, ngeri-ngeri sedap ya pas mau cek tuh. Proses pengecekannya sendiri cukup cepat dan simple, hanya dibutuhkan setetes darah yang dimasukkan ke dalam alat lalu hasilnya keluar. Ketika itu saya juga di cek tekanan darahnya, alhamdulillah hasilnya cukup baik. Nah pas tahu hasil kolesterolnya nih, yang ditunjukkan oleh alat pengukur itu, hasilnya 210. Nilai yang cukup tinggi kan untuk kadar kolesterol. Pantas saja saya seringkali mengalami sakit kepala bahkan hingga sesak napas dan kesemutan. Duh alhamdulillah banget deh sekarang jadi tahu kalau memang kolesterol saya kurang baik. Oleh dokter juga dijabarkan bahwa dari keseluruhan nilai total kolesterol itu kemudian dibagi menjadi 3 bagian yaitu HDL, LDL dan trigliserid. Kemudian dokter mengeluarkan semacam buku panduan untuk menghitung risiko serangan jantung untuk 10 tahun ke depan. Ada beberapa langkah yang diperhatikan dalam penilaian ini, 

1. Usia
Salah satu penyebab paling banyak penyakit jantung adalah bertambahnya usia. Semakin tinggi angka usia seseorag, maka semakin tinggi juga risiko mengalami penyakit jantung. Kalau dulu, dokter tidak terlalu khawatir terhadap kolesterol tinggi pada usia dewasa muda. Namun seiring berjalannya waktu, penelitian menunjukkan bahwa pada usia anak-anak dan usia dewasa muda yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi memiliki kemungkinan yang tinggi juga untuk mempunyai penyakit jantung saat dewasa. Dilangkah pertama ini, usia saya 30 tahun dan skornya adalah -7. 

2. Total Kolesterol (mg/dL)
Kolesterol total adalah kadar keseluruhan kolesterol yang beredar dalam tubuh manusia. Kolesterol total terdiri dari 3 elemen kolesterol, diantaranya:

  • Kolesterol HDL dianggap "baik" karena dapat membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri
  • Kolesterol LDL dianggap sebagai kolesterol "jahat" karena berkontribusi terhadap plak, tebal, tumpukan lemak yang keras yang dapat menyumbat arteri dan membuat pembuluh darah kurang fleksibel
  • Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi enerji. Kadar trigliserida yang tinggi akan menaikan risiko serangan jantung da stroke. 

Berdasarkan nilai yang didapat saat pengecekan, jumlah kolesterol total saya adalah 210, dari angka ini didapat skor saya yaitu 8. 

3. Total HDL Saat Ini
Kolesterol baik saya ternyata sedikit sekali, hanya 32 out of 210! oh my... dan karenanya, skor saya adalah 2. Ada banyak cara untuk meningkatkan HDL, yakni dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, kacang-kacangan, serat larut dan minyak zaitun. Selain itu, rajin berolah raga juga dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuh kita. 

4. Merokok atau Tidak
Tentu saja tidak, dan skor saya pun 0

5. Tekanan Darah
Ketika di cek, tekanan darah saya saat itu adalah 119/82 mmHg, dengan tekanan darah demikian, skor saya 0. 

TOTAL SKOR: 3 yang artinya adalah, saya termasuk yang kurang dari 1% akan terkena serangan jantung di 10 tahun mendatang, alhamdulillah. Tapi bukan berarti saya lengah dan malah maka seenaknya. Ya namanya mencegah kan harus sedini mungkin, dan mengingat kolesterol saya cukup tinggi maka harus diturunkan. Salah satu nya dengan berolah raga dan rajin mengonsumsi Nutrive Benecol, 2 kali sehari. 



Nutrive Benecol terbukti secara klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% dalam 2-3 minggu dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Dengan meminum 2 botol Nutrive Benecol sehari setelah makan, setara dengan 6 mangkuk oatmeal, atau 30 buah apel atau 30 buah pisang! Benar-benar Cara Enak Turunkan Kolesterol. Bersama Nutrive Benecol, yuk kita TANGKAL kolesterol. 
T : Teratur periksa kolesterol
A:  Awasi asupan dan pola makan
N : Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
G : Giat berolahraga gerakan B-FIT 
K : Kendalikan berat badan dan hindari stress
A : Awasi tekanan darah
L : Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari
 
Setelah rutin minum susu Nutrive Benecol www.nutrivebenecol.com 2x sehari, saya merasakan ada yang berbeda dengan tubuh saya. Sakit kepala yang biasa saya rasakan tiap siang berkurang, bahkan ada hari dimana saya gak sakit kepala sama sekali. Saya sudah gak pernah kesemutan lagi kalau malam, dan bangun tidur badan terasa lebih fresh dan gak pegal pegal lagi. Saya belum cek kadar kolesterol saya turun atau ngga sih, tapi kalau dari perubahan yang saya rasakan, in syaa Allah kadar kolesterol saya turun dan lebih sehat ya. Aamiin.. untuk info detail mengenai Nutrive Benecol, Moms bisa cek websitenya di www.nutrivebenecol.com 

No comments:

Post a Comment