Friday, October 27, 2017

Cara Mengatasi Keputihan

Assalamualaikum, 

To be honest, judul artikel ini adalah kata kunci pencarian yang lumayan sering aku ketik di Google search. Sejak menstruasi, aku kerap kali mengalami keputihan yang kadang mengganggu. Dulu sih gak terlalu paham ya sama penyebab atau dampak dari keputihan pada wanita. Tahunya cuma kalau keputihan itu tanda-tanda mau mens atau sisa-sisa setelah mens. Jumat minggu lalu saya diundang ke event gathering sekaligus diskusi bersama Resik V Godokan Sirih yang temanya tentang menjaga kesehatan organ intim wanita. Acaranya sendiri bertempat di Harlequin Resto, Kemang dengan pembicara Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk dan Nadiah Fatimah, seorang hijab motivator.



Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara menjelaskan, keputihan adalah salah satu alasan paling banyak mengapa perempuan mendatangi dokter speisialis kandungan. Penyebabnya keputihan bisa karena infeksi maupun non-infeksi. Leher rahim secara normal mengeluarkan cairan berwarna bening, bersih, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan. Keputihan yang normal umumnya terjadi menjelang masa subur.
Gak salah juga sih kalau saya berpikiran bahwa keputihan tanda-tanda mau mens, terbukti dokter Shanti bilang kalau itu umumnya terjadi menjelang masa subur. Dan masa subur itu kan pada hari ke 9-15 sebelum dan sesudan menstruasi ya kalau gak salah, well please correct me if I'm wrong. Namun dokter menambahkan, apabila keputihan tersebut disertai dengan rasa gatal, panas dan perih, harus mulai diwaspadai karena merupakan tanda infeksi vagina. Infeksi di vagina dapat berlanjut sampaike saluran indung telur dan menyebabkan sumbatan. Keputihan juga berkaitan dengan infeksi menular seksual, dampak penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau karena kegananasan. Ngeri banget ya kan.. how we can't be clueless about all of this.

Sedangkan penyebab keputihan non infeksi, antara lain benda asing di vagina, polip serviks, rekasi alergi atau karena persoalan hygiene yang tidak baik di bagian kewanitaan. Ada saat di mana kebersihan organ intim wanita perlu mendapatkan perhatian ekstra saat haid. Pada saat ini perawatan kebersihan lebih intensif. Soalnya pada saat haid ini, vagina wanita lagi kebuka-kebukanya nih, dan gampang banget benda-benda asing tak diundang masuk dengan mudahnya. Apalagi kalau persoalan hygiene gak dijaga, haduuduuu.. amsyong deh. Persoalan hygiene bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang sulit.. Sebenarnya simple sih, kita harus menjaga agar organ intim kita jangan sampai dalam keadaan lembab, kondisi lembab itu yang menyebabkan jamur timbul lalu muncul keputihan atau gatal. Dan yang penting, jangan membasuh organ intim dengan menggunakan sabun karena sabun bersifat basa! better basuh dengan air saja atau cairan pembersih kewanitaan. Lebih bagus lagi pakai air godokan sirih, lebih alami dan dijamin aman dan terbukti berkhasiat menjaga bagian kewanitaan agar tetap bersih dan tidak lembab. Inget banget dari jaman dulu, Mama saya sering rebus daun sirih trus air rebusannya dipakai untuk membasuh bagian kewanitaannya. Tapi buat saya untuk melakukan hal yang sama seperti Mama saya, butuh effort yang luar biasa. However, alhamdulillah sekarang udah ada solusi yang lebih praktis untuk kita Ibu-Ibu muda yang dinamis untuk tetap menjaga bagian kewanitaan kita tapi tetap mempertahankan tradisi Mama. Tenang, ada Resik V Godokan Sirih yang terbuat dari godokan daun sirih asli!
Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk menjelaskan, PT Kino Indonesia Tbk., mengeluarkan produk Resik V Godokan Sirih sebagai antiseptik alami, solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan mencegah keputihan. Resik V Godokan Sirih dibuat secara alami, kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli, atau daun sirih yang direbus. Resik V Godokan Sirih dianjurkan digunakan secara teratur di saat haid, atau ketika mengalami keputihan.

Tentu saja keunggulan dari Resik V Godokan Sirih ini antara lain lebih praktis dan bisa dibawa kemanapun kita pergi, tinggal masukin tas, beres deh. Selain itu Resik V Godokan Sirih ini terbuat dari rebusan daun sirih asli sehingga aman untuk digunakan secara rutin. Dan yang terpenting, Resik V Godokan Sirih sudah mempunyai sertifikasi HALAL dari MUI, jadi alhamdulillah para muslimah tidak perlu was-was.

Nadiah Fatimah menambahkan bahwa dalam Islam, bab yang sering disebut dalam Al-Quran adalah tentang thaharoh atau bersuci adalah mengangkat kotoran dan najis yang dapat mencegah sahnya shalat, baik najis atau kotoran yang menempel di badan, maupun yang ada pada pakaian, atau tempat ibadah seorang muslim. Ketika kita keputihan, seringnya mengotori pakaian dalam kan dan khawatir hal ini bisa mencegah sah nya sholat kita. Untuk itu, menjaga kebersihan dan kesehatan bagian kewanitaan kita merupakan hal yang utama. Berikut tips menjaga kebersihan bagian kewanitaan:

  • Menjaga kebersihan bagian kewanitaan:
  • Mengetahui organ reproduksi yang normal secara anatomi dan fisiologi
  • Jauhi dari zat-zat kimia yang berbahaya
  • Mencegah terjadinya penyakit menular seksual
  • Hindari penggunaan vaginal douching secara rutin atau tanpa indikasi
  • Cegah iritasi dan penggunaan bahan-bahan alergenik
  • Mengenali siklus haid yang normal dan segera mencari pertolongan apabila terdapat masalah
  • Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih setelah buang air kecil dan buang air besar
  • Cara membersihkan yang benar (dari depan ke belakang-vagina ke anus dan bukan sebaliknya)
  • Memakai cairan pembersih khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan pH yang sesuai
  • Memakai pakaian dalam dari katun yang menyerap keringat dan bersih,menggantinya 3x sehari atau bila terasa lembab. 


  • Senangnya bisa mendapat banyak sekali informasi dan pengetahuan seputar kebersihan dan kesehatan bagian kewanitaan plus kumpul sama teman-teman sholehah yang emang jarang ketemu kecuali di event-event seperti ini. Sekarang kami jadi bisa saling mengingatkan dalam kebaikan khususnya perihal kesehatan bagian kewanitaan. Terima kasih Resik V Godokan Sirih dan Indonesia Hijab Blogger.


    3 comments:

    1. Wangi resik V ini khas daun sirih bgt ya...

      ReplyDelete
    2. Halo mba Suci, pertama kali liat dirimu secara langsung kemaren ternyata cantiknya paripurna yah. Hehe biasanya ngeliat lewat layar laptop atau hp. 😍
      Yuklah resik resik biar rumah tangga makin bahagia 👨‍👩‍👧‍👦

      ReplyDelete
    3. Sama banget mam, dulu mikirnya keputihan juga biasa aja pas jaman masi sekolah, tapi ternyata setelah tau ilmunya gini jadi makin concern yaa.. apalagi kalo soal daerah intim kewanitaan yang super sensitif.. senengnya skrg udah gak perlu2 repot2 rebus daun sirih lagi krn udah ada resik V :))

      ReplyDelete