Saturday, June 3, 2017

Ramadhan Dancow FortiGro: Siap Puasa Pertama

Assalamualaikum, 

Marhaban yaa Ramadhan, bulan yang selalu dinantikan akhirnya datang juga. Ramadhan kali ini terasa berbeda, kenapa berbeda? Pertama, in sya Allah makin kesini saya makin sadar bahwa sebagai hamba, saya harus terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan saya kepada Allah SWT. Kedua, alhamdulillah dirumah ada si mbak yang pinter masak jadi saya bisa lebih santai di jam menjelang buka puasa dan sahur. Ketiga, Kenza in syaa Allah tahun ini menginjak usia 5 tahun, makin besar, makin pintar dan juga makin banyak PR saya untuk lebih mengenalkan Kenza kepada Allah dan agama Islam. Bulan Ramadhan ini saya rasa waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan Kenza pada puasa. Alhamdulillah, beberapa minggu lalu tepatnya sebelum puasa, saya dan Kenza diundang oleh Dancow FortiGro ke acara gathering menjelang Ramadhan bertajuk "Puasa Pertama? Aku Siap!". 



Pas sampai di venue, tepatnya di GAIA The Altitude, The Plaza, I knew this gathering must be something different from the other gathering thai I've been into. Tempatnya kece banget dan table settingnya "sesuatu" banget deh. Berhubung eike dateng agak kecepetan, maklum ya anaknya terlalu ontime, saya kepo deh tuh lihat nama-nama yang ada di table. Rada shock juga deh knowing that yang datang banyak artis-artis ibukota. Waduh, untung aja sebelah saya ka Fifi Alvianto jadi gak awkward awkward bangett gitu. Disana juga ada kids corner dimana anak-anak bisa main dan beraktivitas sembari menunggu ibunya yang lagi gathering. Kenza sempet sih mau main, tapi lama-lama bosen juga kali ya secara dia sendirian terus gak kenal siapa-siapa, jadilah dia maunya sama Amam aja, yoweiiss takpe. Acara gathering dibuka oleh MC papan atas, Dave Hendrik. Baru pertama kali itu saya datang acara yang di MC-in sama Dave, dan apa ya.. menyenangkan banget karena Dave nya pintar sekali membawa suasana jadi santai dan menyenangkan. Saya juga ketemu sama idola saya, Ayu Dewi.. ntah kenapa suka banget sama Ayu Dewi dan makin suka karena ternyata orangnya baik bangettt gak berasa artis. Saya sama Ka Fifi udah lumayan jaim tuh gak kaya groupies foto-foto ama artis-artis, padahal mahhhh.. kesenengan plus rada norak at its best.. hahaha.. 


Disini kami mendapat banyak sekali informasi perihal mengajarkan anak untuk belajar berpuasa, dari psikolog dan juga nutrisionis. Kalau dari segi psikologis, yang namanya anak-anak itu gak bisa dikasi tahu sesuatu yang bentuknya masih abstrak. Misalnya instead of bilang kalau puasa itu gak boleh makan dan gak boleh minum, sebaiknya kita bilang kalau lagi puasa itu sebaiknya tidak makan dan tidak minum. Anak-anak juga perlu  diberi pemahaman sederhana mengenai imsak, pasti anak-anak bingung kan ya makan dikala langit masih gelap gulita dan mata kriyep-kriyep. Nah berhubung tahun ini merupakan tahun pertama Kenza belajar puasa, jadi saya mengajarkannya pelan-pelaan sekali dan tidak memaksakan. Saya tahu bahwa mengajarkan disiplin harus sedini mungkin, tapi pelan-pelan juga gapapa kan.. contohnya untuk sahur, saya gak maksa Kenza untuk makan banyak saat sahur karena saya saja yang sudah dewasa kadang masih kurang selera makan ketika sahur, apalagi Kenza yang baru pertama kali. Jadi buat saya, yang penting dia mulai terbiasa dengan rutinitasnya dulu, kalaupun dia gak mau ikut makan, gpp.. makannya diganti habis sholat subuh saja dan saya masih bilangnya "Aa sahur dulu yuk!". Setelah dia "makan sahur" langsung siap-siap ke sekolah dan saya sengaja tidak membawakannya bekal makanan ataupun minuman. Jadi selama disekolah dia tidak makan atau minum apa-apa. Baru deh, sepulang sekolah, saya ajak main dulu sebentar sampai tiba jam 12 waktunya buka puasa untuk Kenza.. iya, puasanya masih setengah hari, lagi-lagi ini proses kan ya buibu. Selanjutnya dari psikolog di event Dancow pun saya diberi tips mengenai kegiatan selama bulan puasa bersama anak-anak. Karena ini bulan Ramadhan, maka kegiatannya pun kalau bisa yang berhubungan dengan ini. Contohnya membuat parsel untuk anak yatim piatu, disini anak diajarkan juga untuk mulai peduli sesama dan ikut merasakan kebahagiaan orang lain. Selain itu membaca buku islami, membuat kartu lebaran untuk kakek dan nenek juga sudah saya agendakan.  

Selain informasi mengenai pendekatan psikologis untuk anak yang baru belajar puasa, ada juga informasi yang gak kalah penting mengenai kecukupan gizi selama anak berpuasa. Disampaikan oleh Ibu Ria, bahwa anak-anak memiliki porsi makan sendiri yang tentunya berbeda dengan orang dewasa. Porsi makan anak diantaranya terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah dan minyak yang mana jumlah porsinya adalah sebagai berikut: 
  • Karbohidrat sebesar kepalan tangan anak
  • Protein (lauk) sebesar telapak tangan bagian ibu jari
  • Sayur dan buah sebesar telapak tangan bagian ruas 4 jari (telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking)
  • Minyak sebesar ujung ibu jari
Kebayang kan? Selain porsi makanan diatas, anak-anak juga dianjurkan untuk minum susu sebagai pelengkap nutrisi harian yang mereka perlukan. Nah kalau dibulan puasa ini, porsi minum susunya adalah 1 gelas sebelum tidur dan 1 gelas ketika sahur. Alhamdulillah sudah aku terapkan juga ke Kenza, walaupun dia puasanya setengah hari, tapi dia tetap ikut makan pada saat buka puasa di waktu Maghrib. Nah pada saat itu saya memberinya segelas Dancow FortiGro rasa coklat, dan segelas lagi pada waktu sahur. Ada faedahnya juga dia ikut mendengarkan penjelasan Ibu Ria, jadi dia inget terus tuh bahwa harus minum susu sebelum tidur dan ketika sahur. 

Nah, saat Dave Hendrik mengumumkan bahwa akan ada quiz mengenai penjelasan dari para pembicara, saya sudah mulai terpacu tuh untuk ikutan. Pas banget pertanyaannya tentang porsi makan ideal pada anak. Langsung lah saya tunjuk tangan tanpa pikir panjang. Mau kasih tahu rahasia aja nih ya, sebenarnya penjelasan dari Bu Ria sudah diluar kepala banget buat saya. Khususnya tentang porsi makan ini, soalnya Bu Ria pernah jadi pengisi acara seminar parenting di sekolah Kenza dan materi porsi makan ini yang sangat menarik perhatian saya.. hehehehe.. Jadi pas pertanyaannya ternyata soal porsi makan, wwwoooww langsung lah saya tunjuk tangan, jawab, dan alhamdulillah jawabannya benar. Pas diminta kedepan untuk penyerahan hadiah, saya shock banget pas tahu kalau hadiahnya tas Longchamp bokkkk! woohoooo.. alhamdulillahirobbli aalamiin.. rejeki gak kemana ya buibuuu..

Pada saat break time, anak-anak disuguhkan story telling yang sangat menghibur sampai pada ketawa.. lucu banget deh. 

Diakhir acara, para ibu juga lagi-lagi diberi kejutan oleh Dancow FortiGro yaitu kotak yang berisi bunga cantik, ucapan terima kasih for being such a great Mom, and beautiful Pandora charm bracelet... dan untuk anak-anaknya juga dikasi LEGO city yang mana kecintaan Aa bangett.. Dia super happy, apalagi Amamnya ya. Not forgot to mention, stock susu Dancow FortiGro yang banyakk dan pastinya cukup untuk melengkapi nutrisi anak-anak selama bulan Ramadhan. Terima kasih Dancow FortiGro for giving us such a great time, not only time but also memories. Jadi jangan lupa minum susu ya.. 1 gelas sebelum tidur dan 1 gelas pada waktu sahur. Selamat berpuasa anak-anak hebat.. 





No comments:

Post a Comment