Thursday, May 18, 2017

Tips #RamadhanShopee: Mempersiapkan Ibadah Dengan Si Kecil di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum..

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah.. kurang dari 2 minggu lagi kita akan kedatangan tamu istimewa.. tamu yang selalu kita nantikan tiap tahun.. Marhaban yaa Ramadhan. Beda dengan tahun tahun sebelumnya, kali ini saya memaknai Ramadhan dari sudut pandang yang berbeda. Yang biasanya kalau sudah mau puasa tuh malah atur strategi menu masakan, mulai dari menyiapkan stock bahan makanan, atau makanan matang yang tinggal manasin aja, dll.. Sekarang beda, saya malah lebih berpikir ke arah spiritualnya..telat ya? Kenapa baru sekarang buuu?? namanya juga proses.. Gimana ya caranya mengajak anak-anak untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan dan bisa ikut mencintai bulan Ramadhan. Saya sudah sering diskusi sama suami, bagaimana cara pendekatan ke anak-anak supaya bisa ikut beribadah dan rajin beribadah. Sebenarnya gk hanya pada saat Ramadhan sih, melainkan tiap hari.. Tapi mumpung momennya pas Ramadhan, jadi gpp dimulai dari sini dan mudah2an bisa seterusnya. Lalu kami pun saling berdiskusi, anak-anak tetap anak-anak. They love present! they love gift! they love rewards.. so.. strategi yang akan kami terapkan, rewards.


Nah, makanya disini saya mau share tips #RamadhanShopee yang akan saya lakukan bersama anak-anak selama bulan Ramadhan. Buat para pembaca juga jangan lupa buat upload foto dan share tips #RamadhanShopee versi kalian di Instagram dan Facebook, karena buat 8 orang pemenang terpilih akan mendapatkan HADIAH TIKET MUDIK PP GRATISS. Ini dia tips #RamadhanShopee dari saya:

1. Sholat 5 waktu berjamaah. 

Sejatinya anak-anak adalah peniru ulung. Diusianya, mereka akan lebih cepat meniru apa yang orang dewasa lakukan ketimbang mendengarkan apa yang orang dewasa katakan padanya. Termasuk sholat 5 waktu, yang mana sering kali mereka menolak untuk ikut sholat karena disuruh sholat. Jadi mulai sekarang, instead of nyuruh.. saya akan mengubahnya jadi mengajak dan mencontohkan. Selain itu, saya juga menyediakan alat sholat yang menarik perhatian mereka. Sekarang kan banyak tuh alat sholat seperti sarung, mukena dan sajadah yang memang temanya kanak-kanak. Mudah-mudahan dengan pendekatan seperti ini, bisa lebih mudah untuk mengajak anak-anak sholat. 

 
2. Mengaji bersama dan membaca buku Islami

Sudah lama ingin mendaftarkan anak-anak les mengaji di TPA dekat rumah atau memanggil guru ngaji ke rumah. Tapi dipikir-pikir, untuk anak seumur Aa dan Nafla kan masih belajar iqro. Saya memang bukan guru ngaji yang sempurna bacaan Al-Qur'an nya.. tapi kalau iqro, in syaa Allah saya cukup fasih. Saya pun spent most of my time at home with kiddos, jadi kenapa bukan saya saja yang ajari mereka? At least melatih untuk terbiasa dengan huruf-huruf hijaiyah. Pun kalau nanti memang saya menemukan kesulitan ketika mengajari anak-anak mengaji, barulah saya minta bantuan guru. Selain itu, biasanya diwaktu senggang kami banyak habiskan dengan banyak kegiatan. Salah satunya membaca buku. Nah, di bulan Ramadhan ini saya berencana untuk fokus pada buku-buku islami, seperti kisah para Nabi, sahabat Nabi, tentang Kebesaran Allah dan lain-lain. Sekarang buku-buku Islami untuk anak udah bagus-bagus banget koq, dengan kalimat yang mudah dipahami dan gambar yang bagus. Pasti anak-anak senang deh. 
3. Berlatih Puasa

Sebelum meminta anak-anak untuk latihan puasa, sepertinya saya juga harus memperkenalkan dulu konsep puasa pada mereka. Apa itu puasa, kenapa harus puasa, dan lain-lain.. Mudah-mudahan si amam ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak-anak seputar ini ya.. Selama latihan puasa ini, saya juga akan menyiapkan kegiatan-kegiatan untuk "killing time" supaya mereka gak terlalu fokus ke lapar haus. Misalnya menggambar, gunting tempel, dan lain lain.. Saya juga melatih puasanya gak yang ekstrim sih.. bertahap.. mulai dr 3 jam.. 6 jam dst.. 

4. Datang Majlis Taklim bersama Anak-anak

Mengajak anak-anak untuk datang ke majlis taklim bisa melatih mereka agar cinta masjid dan membiasakan mereka berkumpul dengan orang-orang sholeh. Dibeberapa majlis taklim juga kadang ada kids corner dimana ada kegiatan islami yang bisa diikuti anak- anak selama orang tuanya mengikuti majlis. Jadi kita bisa lebih konsentrasi mengikuti kajian, anak-anak pun senang karena bisa beraktifitas yang sesuai usia mereka. 

5. Menerapkan Rapor Ramadhan

Nah ini yang bikin saya optimis bahwa anak-anak akan rajin ibadahnya. Diawal kan saya sudah bilang bahwa saya akan menerapkan sistem reward, reward ini ada disini nih. Jadi, anak-anak masing-masing akan saya beri Rapor Ramadhan dimana didalamnya berupa kolom-kolom yang akan diisi dengan tanda bintang berupa stiker atau cap tiap kali mereka melakukan kebaikan dan ibadah, contohnya poin-poin diatas. Nanti ketika bintang mereka sudah mencapai angka tertentu yang telah disepakati, mereka akan mendapatkan reward berupa barang yang mereka sukai/ inginkan, misalnya mainan atau buku atau alat sekolah. Biar seru, rapor ini dibuat semenarik mungkin dengan foto mereka disampul depannya. 


6. Reward
Rewaard lain yang pasti bikin anak-anak seneng adalah baju lebaraaann.. well, kiddos are still kiddos.. mereka harus tetap merasakan the excitement of Idul Fitri.. the festive side.. which is baju baru. Nah biasanya kan kalo menjelang lebaran tuh mal mal penuhnyaaa udah kaya apaan tau ya.. yang ada pusing deh cari cari baju atau sepatu trus takut anak-anak keburu cranky. Jadi solusinya cari baju lebarannya online aja deh. Saya rekomendasi buat beli baju lebaran di Shopee, salah satunya toko kekesumut. Apalagi ada Rezeki Ramadhan Shopee! Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Shopee memberikan diskon sampai 95%. Diskon besar-besar dan penawaran terbaik ini telah dimulai sejak 1 Mei – 2 Juli lho.
 
Nah itu dia tadi tips #RamadhanShopee versi aku dalam mempersiapkan ibadah dengan si kecil di bulan Ramadhan. Yuk share tips #RamadhanShopee kamu dengan memilih salah satu tema: Kecantikan, Kesehatan, Makanan, dan Ibadah. Kali aja kamu adalah salah satu dari 8 orang pemenang terpilih yang bisa dapetin TIKET MUDIK PP GRATISNYAAA. Info lebih lanjut cek > shopee.co.id/ramadhanshopee ya. Ingat kontes ini hanya berlaku di IG dan Facebook.

No comments:

Post a Comment