Saturday, April 4, 2015

Ibu Juga Manusia

"Ibu juga manusia, punya rasa punya hati.. Jangan samakan dengan, pisau dan panci.." 

Pasti sambil senandung dalam hati deh saat baca tulisan diatas. Iya memang kata-kata itu diadaptasi dari lagu band Serius dan dimodifikasi oleh saya. Koq judul postingannya gitu banget sih? Emang ada yang nganggap Ibu bukan manusia? (ala-ala komen di IG). Well baca dulu lah postingan ini sampai selesai, ini hanya sekedar curhatan emak-emak. Mari yang emak-emak merapat.



Pada dasarnya dan memang kenyataannya, menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah dan pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi saya. Bisa melihat perkembangan anak-anak setiap harinya, menjadi sosok yang selalu dibutuhkan mereka, menjadi orang nomor 1 yang mereka cari tiap kali masuk rumah, dan banyak lagi hal menyenangkan lainnya. Buat saya, yang mostly menghabiskan waktu saya dirumah, ya berbisnis sedikit, merasa jenuh atau bosan juga kerap terjadi. Kalau itu sudah terjadi, yang ada jadinya uring-uringan lah, manyun aja lah, mood ke anak juga kadang kurang bagus. Nah, ini gak boleh dibiarkan nih, Ibu juga perlu waktu "istirahat" atau yang biasa disebut dengan istilah "me time". Me time menurut saya adalah waktu dimana seseorang memiliki waktu untuk dihabiskan dengan hal-hal untuk dirinya sendiri. Cara tiap orang menghabiskan waktu me time nya berbeda-beda pastinya. Ada yang me time dengan membaca, berolah raga, nonton bioskop, window shopping atau shopping beneran. Kalau saya, tentunya membaca dan olah raga bukanlah pilihan me time saya, hahaha. Tapi kumpul dengan teman-teman lah waktu me time saya. Kebetulan punya teman-teman yang juga ibu rumah tangga, merangkap pengusaha, merangkap desainer handal, ada yang seorang ibu juga. Kebayang dong ya gimana sibuknya hari-hari mereka, pastinya lebih riweuh dari saya. That's why kami sering kali, well at least sebulan sekali merencanakan ketemuan. Sekedar temu cantik di mal, makan, ngobrol lalu foto-foto. Hal-hal tersebut yang mungkin dianggap kurang menyenangkan untuk sebagian orang, sebaliknya untuk kami, khususnya saya sangatlah menyenangkan. Bisa tukar pikiran dengan teman-teman, ngobrol ini itu bisa menjadi obat uring-uringan saya. Moms also need their social life, jangan sampai anti-social dengan dalih ingin dirumah saja menjaga suami dan anak-anak. Silaturahim juga kan penting toh? Lagipula, kalau terlalu kerkungkung dirumah saja kadang otak jadi buntu dan pikiran kurang terbuka dengan hal-hal baru. Makanya bersosialisasi dan silaturahim sangatlah diperlukan.




Tapi perlu diingat bahwa, tetap sebagai seorang istri harus dan wajib minta izin suami kalau mau bepergian kemana pun. Alhamdulillah saya punya suami yang sangat pengertian tiap kali saya udah mulai uring-uringan dan minta ijin pergi dengan teman-teman, selalu diijinkan. Ya habis gimana dong, sering kali beliau lah yang terkena imbas langsung ke uring uringan saya itu, hahaha. Perginya juga tahu waktu, gak lama lama, biasanya kumpul di waktu makan siang, dan bubar jam 4 sore. Lalu kembali ke tugas masing-masing deh, tapi dengan perasaan yang lebih baik, lebih happy. Remember, Happy Moms raise happy kids! Apalagi kalau abis dari bepergian saya suka sengaja beli sesuatu untuk oleh-oleh Apap dan anak-anak, jadi pas saya datang mereka double happynya, hehe.. 

Moms, ada kalanya kita merasa lelah dan perlu istirahat. Lakukanlah, selama atas ijin suami dan anak-anak dititip ke orang yang terpercaya (suami, orang tua, saudara). Don't be too hard on yourself, be gentle, be happy, and your family will be happier. 




19 comments:

  1. Yup,bener...Ibu juga manusia biasa. Manusiawi kok kalau pengen punya me time atau silaturahim dgn sesama. Saya malah kesel tuh sm ibu2 yg nggak bs beraktifitas atau silaturahim tp mengatas namakan atau menjadikan alasan anak yg "nggak bisa ditinggal" atau blablabla :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. iya mba Anna.. tidak lupa untuk tetap berbaik sangka pada semua orang.. :)

      Delete
  2. Find your own heaven ya Kak Suc :D

    ReplyDelete
  3. Selalu kagum sama stay home mom karena non stop ngurus anak & kayaknya punya banyak stok sabar, kl aku pas ngantor jadi saatnya "me time" karena bisa "istirahat" dulu ngurus anak utk sementara waktu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Tapi aku pun selalu kagum sama working moms.. bukan hal mudah looh being a mom and work at the same time.. semangattt

      Delete
  4. Hidup ibu-ibu!!
    Sedikit santai dan nyenengin diri-sendiri itu perlu lah karena kan jadi ibu itu pekerjaan 24 jam. Caranya yang beda-beda juga wajar, karena kan orang punya kesenangan yang berbeda.
    Salam kenal suci..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiduuuppp! salam kenal juga mba Etty..

      Delete
  5. Amam...antara berkaca-kaca dan tersenyum juga jadi nambah Ilmu ^^ makasih postingannya Amam

    ReplyDelete
  6. Waahh beneeerrr bgt ini samaa emg saat ketemu tmn2 cewek dan ngobrol itu seolah2 di recharge lg semangat nya, hiks tp disini eike gak punya temen, ketemu sahabat2 kuliah dl pun udah jarang bgt makanya agak sedikit stres jg nih tinggal disini *jd curcol* wkwkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. kan arisan dan yoga sama ibu2 sekolahan juga sama aja teh.. atau yuk ahh kita maen.. hehe

      Delete
  7. Ibu adalah malaikat yang berwujud manusia.. :'D

    Asiknya bisa ketemu temen-temen gitu ya, Mbak.. Apalagi bisa hangout bareng ^^

    ReplyDelete
  8. Kapan kita karokean lagi mam?

    List lagu JT menunggu iniih.. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo besok gimana tuh bundo? heuhehehe

      Delete
  9. memang stressing banget ya mbak kalau setiap hari dirumah dengan hecticnya ngurus ini itu, apalagi kalau sudah ada anak, ya walaupun kesempatan itu belum datang untuk saya sih,,semoga nanti datang juga :)

    karena saya sekarang masih berdua aja sama suami, Alhamdulillah suami oke2 aja kalau saya lagi pengen jalan2, window shopping atau makan diluar dalam kondisi suami sudah selesai dengan pekerjaan kantornya.

    kalau siang hari biasanya ke rumah temen yang udah punya baby, sambil "berlatih", niat cuma 2 jam malah molor setengah hari, ahahhaahha :D kebiasaan perempuan, ngobrol ngalor ngidul sampai lupa waktu,,

    yang penting buat saya, tugas rumah tangga beres, inshaAllah suami saya ngasih izin :)
    tetep,, ridho suami yang utama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba.. mudah2an gak lama lagi deh bisa hectic juga dengan urusan anak.. hectic tapi super fun..

      Delete
  10. satu kata... sepakat!!! ibu juga manusia ^___^

    please visit my blog indahannora.blogspot.com
    Inspirasi muslimah berkarya

    ReplyDelete